Error message

Deprecated function: Unparenthesized `a ? b : c ? d : e` is deprecated. Use either `(a ? b : c) ? d : e` or `a ? b : (c ? d : e)` in include_once() (line 1439 of /data/seminar/public_html/includes/bootstrap.inc).

KEGIATAN YANG AKAN DILAKUKAN PADA EFH UNY 2022

Tahun ini, English For Holidays (EFH) 2022 dilaksanakan dalam dua bentuk kegiatan, dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Singkatnya, EFH 2022dilaksanakan secara hybrid.

Kegiatan online yang diadakan EFH 2022  dilaksanakan melalui Zoom meeting. Adapun kegiatan  yang akan dilakukan secara daring meliputi :

1. Opening ceremony 

Opening ceremony akan dilaksanakan melalui zoom meeting dan dihadiri oleh seluruh peserta dan wali murid masing-masing. Dalam opening ceremony peserta juga akan mendapatkan kelompok kelas yang telah ditetapkan oleh panitia EFH 2022.

2. Online classes 
 
Kegiatan pembelajaran di English for Holidays dilakukan secara daring melalui zoom Meeting dengan menggunakan prinsip fun learning yang dibersamai oleh tim pendidik dari Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta. Peserta melakukan kegiatan tersebut di kelas masing-masing yang telah ditentukan sesuai level mereka. Sedangkan materi yang diberikan kepada peserta adalah materi yang sebelumnya telah dipertimbangkan, ditentukan, dan disusun secara matang oleh para guru sesuai level kelas yang diampu dan menggunakan learning resources yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak-anak.
 
  Menyesuaikan tema EFH 2022 yaitu Digital Citizenship, maka  topik-topik yang akan dipelajari diantaranya adalah:
1. Let's Make Friends
2. How You Keep Your Friendship Safe
3. Daily Online Communication
4. Let's Make a Letter
5. How Do We Feel?
 
       Kegiatan pembelajaran tersebut nantinya akan diisi dengan beberapa aktivitas, seperti:
1. Listening to songs
2. Watching videos
3. Story-telling
4. Crafting
5. Drawing
6. Playing games
7. Role playing
 
Sedangkan kegiatan offline ini terdiri dari: 
 
1. Grand Campus Tour
 
 
    Grand Campus Tour adalah kegiatan yang terus diadakan setiap pelaksanaan EFH. Grand Campus Tour, disingkat sebagai GCT, dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan titik-titik kampus UNY kepada peserta. Dalam mengikuti proses kegiatan GCT, peserta tidak hanya akan melakukan tour di beberapa lokasi kampus UNY, tetapi juga menerapkan beberapa pengetahuan yang mereka pelajari di kelas bersama instruktur mereka. 
 
     Tahun ini, Grand Campus Tour dilaksanakan dalam dua fase, GCT Fase I dan GCT Fase II. GCT Fase I dilaksanakan di lingkungan Gedung Rektorat UNY, sedangkan GCT Fase II dilaksanakan dengan melakukan touring melewati beberapa titik di kampus UNY. Kedua fase tersebut dilaksanakan di hari yang sama.
 
2. Kegiatan Workshop "Arts and Craft"
 
 
       Crafting Workshop EFH 2022 akan dilaksanakan di Pendopo Tedjokusumo FBS UNY. Peserta akan membuat pigura/bingkai foto dengan menempelkan foto yang telah dibawa peserta berukuran 3R (diutamakan foto keluarga). Para peserta akan dibagi ke dalam 4 kelompok sesuai dengan tingkatannya untuk memudahkan panitia membagikan alat dan bahannya. 
 
       Kemudian, peserta dapat menghias pigura tersebut dengan benda-benda yang telah disediakan seperti stiker, bunga/dedaunan kering, stick ice cream, dll. Hiasan yang dibuat akan menyesuaikan dengan tema EFH 2022, yakni “Stay Safely Connected”. Setelah itu, peserta akan diminta untuk menjelaskan arti ataupun makna dari hasil karyanya diusahakan dalam Bahasa Inggris.
 
3. Games days
 
 
       Games day akan dilaksanakan di sekitar lapangan GOR UNY. Pada hari pelaksanaan, peserta langsung menuju lapangan GOR UNY dengan diantar oleh orang tua masing-masing. Games yang akan dimainkan terdiri dari 3 games yang disesuaikan setiap kategori dan 2 games yang suitable untuk semua kategori. Untuk kategori for all, terdapat 2 game, yaitu estafet game dan sit when the song stop game. Untuk kategori Kindi-EL terdiri dari tiga games yaitu roleplay game, guessing game, dan simon says game. Untuk kategori JunSen terdiri dari 3 game yaitu red flag green flag game, whisper game, dan guess the word game. Informasi dan rules setiap game akan dijelaskan di rundown game
 
       Seluruh kegiatan Games day akan dilaksanakan selama 3 jam. Peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok untuk memudahkan distribusi tools dan pengkondisian game. Setiap kelompok akan didampingi oleh pendamping dari sie Akademik dan sie Acara. Elemen tentang tema EFH tahun ini juga akan dimasukan di detail game agar berkesinambungan dengan tema acara yang ada.